Thursday, January 01, 2015

Tutorial Cara Merubah Warna Seleksi Teks Menggunakan CSS3

css3

Secara default semua browser menggunakan warna background light blue ( biru cahaya ) serta tanpa adanya perubahan warna font atau teks. Menggunakan CSS3, anda dapat merubah warna background tersebut serta font-nya sesuai keinginan anda. Apalagi sekarang ini rata-rata browser update-an terbaru sudah mendukung CSS3.

Apa sih Warna Seleksi Teks itu?

Kapan saja atau setiap kali anda ingin meng-copy beberapa artikel atau beberapa baris kata yang anda sukai pada sebuah website pastinya anda akan menyeleksinya atau memilih dengan mouse kemudian menekan CTRL+C pada keyboard. Nah ketika anda menyeleksi beberapa artikel, warna pada bagian yang di highlight akan muncul warna default cahaya biru. Itulah yang dinamakan Warna Seleksi Teks.

Kebanyakan para blogger dan pemilik website tidak mau repot-repot untuk merubah atau bahkan banyak pula yang tidak mengetahui ini bisa di rubah.

Untuk melakukan ini sangat mudah sekali, anda tinggal menambahkan beberapa baris kode seperti di bawah ini kedalam CSS didalam website anda. Ini berlaku pada semua platform website dan blog. Misalkan pada wordpress anda bisa menambahkannya pada style.css.

::selection { background: #ff6200; color: #000000; }::-moz-selection { background: #ff6200; color: #000000; }

Keterangan:


  1. Anda bisa merubah warna nya dan menyesuaikan dengan tema website atau blog anda.
  2. ::selection biasa digunakan Google Chrome, Safari, Internet Explorer 9+ (IE9+), dan Opera.
  3. ::-moz-selection untuk browser Mozilla Firefox.

Setelah selesai simpan dan upload kembali ke server hosting anda, bersihkan cache dan refresh untuk melihat perubahannya.

Semoga berguna.

Sagitarius Kusadhi

2 blogger-disqus

kayaknya biar lebih mudah paham , di beri ss atau nda demonya gan :) salam kenal gan

sip makasih masukkannya gan, lain waktu saya kasih tutornya :D
makasih juga uda berkunjung, salam kenal juga


EmoticonEmoticon