Tuesday, January 27, 2015

Lima Dampak Kecanduan Games Online

7c9b743452

Pada orang dewasa, game online dapat mempengaruhi produktivitas mereka di tempat kerja, sehingga bila tidak segera dihentikan, maka tidak menutup kemungkinan akan berujung dengan pemecatan.


Ketika seseorang memainkan game online sebenarnya permainan tersebut memberikan banyak sekali manfaat bagi penggunanya. Namun sayangnya, saat ini banyak orang yang telah menjadi pecandu berat permainan tersebut hingga menyalahgunakannya. Khususnya pada anak-anak dan remaja, game online yang dimainkan secara berlebihan dampaknya justru dapat sangat merugikan. Perlu sebuah ketegasan dari orang tua dalam mengontrol kegemaran anak-anak mereka dalam memainkan permainan tersebut. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa dampak negatif game online yang dimainkan tidak sesuai dengan porsinya, diantaranya:

1. Segi Jasmani

tewas main game pic

Tidak mengherankan anak-anak yang memiliki kegemaran memainkan permainan ini memiliki daya tahan tubuh yang lemah akibat kurangnya aktivitas fisik, duduk terlalu lama, sering terlambat makan, sering terpapar pancaran radiasi dari layar monitor komputer dan sebagainya. Penyakit-penyakit yang sering dijumpai pada mereka yang mengalami kecanduan memainkan permainanan ini, diantaranya: serangan jantung, stroke, mata minus, obesitas, paru-paru, dislokasi jari-jari tangan, penyakit saraf, ambeien dan penyakit di sekitar tulang punggung.

2. Segi Psikologi

3

Banyaknya adegan di game online yang mengajarkan untuk melakukan tindakan kriminal serta kekerasan, seperti: perkelahian, pengrusakan, pemerkosaan, pembunuhan, dan sebagainya, yang secara tidak langsung telah memengaruhi alam bawah sadar seseorang bahwa kehidupan nyata ini adalah layaknya sama seperti di dalam permainan tersebut. Beberapa kasus kekerasan yang pernah diberitakan oleh media massa, yang melibatkan anak-anak dan remaja sebagai pelakunya adalah bukti nyata bahwa game online dapat merusak perkembangan mental seseorang. Ciri-ciri seseorang mengalami gangguan mental akibat pengaruh game online adalah: mudah marah, emosional, mudah mengucapkan kata-kata kotor, memaki, mencuri, dan sebagainya.

3. Segi Waktu

1355205342_5008c01ad137e1342750746warnettempattidur

Dapat mempengaruhi prestasi belajar anak, mengapa? Karena waktu luang yang seharusnya sangat ideal untuk digunakan mempelajari mata pelajaran sekolah justru lebih sering digunakan untuk menyelesaikan level demi level dalam permainan tersebut, daya konsentrasi mereka umumnya juga terganggu sehingga kemampuan dalam menyerap mata pelajaran yang disampaikan oleh guru menjadi tidak maksimal. Pada orang dewasa, game online dapat mempengaruhi produktivitas mereka di tempat kerja, sehingga bila tidak segera dihentikan, maka tidak menutup kemungkinan akan berujung dengan pemecatan.

4. Segi Keuangan

voucer

Permainan online juga mendidik seseorang untuk hidup boros, bagi mereka yang tidak memiliki fasilitas komputer di rumah, mereka terpaksa harus datang ke warnet yang menyediakan permainan-permainan tersebut dan otomatis harus mengeluarkan uang. Biaya pemakaian listrik di rumah pasti juga akan mengalami pembengkakan, khususnya bagi mereka yang menggunakan komputer desktop selama berjam-jam tanpa henti.

5. Segi Sosial

1ffdAG75L7

Mereka yang telah terbiasa hidup dalam dunia maya, umumnya akan mengalami kesulitan ketika harus bersosialisasi di dunia nyata. Sikap anti sosial, tidak memiliki keinginan untuk berbaur dengan masyarakat, keluarga, dan juga teman adalah ciri-ciri yang ditunjukkan oleh mereka yang telah mengalami ketergantungan terhadap permainan tersebut.

Source: keluarga.com

Sagitarius Kusadhi

44 blogger-disqus

Repot juga kalo dah nyandu game online gan..


Salam unikajaib.blog

jujur gan saya sudah mengalami itu semua,
malah sekarang saya tidak begitu banyak memiliki teman,sekalinya ada hanya untuk menanyakan yang penting saja :( nyesel saya kang,,

Benar banget tuh gan ...
Saya juga ngalamin itu :D

Ngeri ternyata :( Harus dikurangi nih main Game -_-

Makasih infonya. Tapi ane bukan gamer. :v

saya gamer, tp gx kecanduan dan gx hbisin uang, bhkn bisa dpt uang bnyk :D

Keren gan, Untung aj ane bukan maniak game online tapi blog. heheh....

Wah beruntung saya tidak terlalu suka ngegame, haha.

Iya saya sering ngalamin itu Mas

iya bro, kalau udah kecanduan semua lewat bro hahaha

saya suka game online, jadi kita harus pandai mengatur waktu

waaah, makasih banyak ya gan infonya, untung gw bukan anak gammer, hahaha

Infonya sangat menarik dan bermanfaat gan :D

iyaa ane juga ngerasain, 1 tahun dihabisin untuk main game aja, banyak waktu yg terbuang buat keluarga, dan teman teman.

untuk saya gak terlalu suka games online :D

untuk sekarang banyak2 bergaul dengan teman didunia nyata gan hahaha..

bermain game boleh saja asal jangan sampai keterlaluan :)

ahahaha... yoi gan, ngegame buat ngilangin stress aja :)

segera bertobat gan, ngegame boleh aja, asal tau waktu aja :)

thanks gan ,sangat membantu :D tapi tetep hajar gamenya :p

Apa bener gtu gan,,, wah ane nih penggemar game lgi...

untung ane udah berhenti main games online, bisa2 kecanduann. hehehe

makasih gan udah membagikan artikel yang bermanfaat ini gan.

ya kira2 seperti itu, dan banyak org yg mengalami seperti diatas gan :)

Jujur gan sya mengalami hal seperti itu , tapi saya sekarang mencoba untuk kembali ke dunia nyata.. :D


EmoticonEmoticon