Tuesday, February 21, 2017

Pendaftaran SNMPTN Mulai Dibuka Hari ini Di Seluruh Indonesia

SNMPTN
SNMPTN

Pendaftaran SNMPTN - seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) hari ini mulai dibuka, Selasa (21/2). Pendaftaran SNMPTN mulai 21 Februari dan berakhir 6 Maret 2017.

Berdasar laman snmptn.ac.id, pencetakan kartu tanda peserta SNMPTN 14 Maret-14 April 2017. Kemudian proses seleksi 15 Maret-15 April 2017. Terakhir, pengumuman hasil seleksi, 26 April 2017.

Terdapat ketentuan untuk mengikuti SNMPTN. Ketentuan itu di antaranya, sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai nomor pokok sekolah nasional (NPSN).

Kemudian mengisikan data prestasi siswa di pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS). Termasuk sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri.

Sementara untuk siswa yang berhak mengikuti SNMPTN adalah mereka yang memiliki nomor induk siswa nasional (NISN). Kemudian siswa berprestasi unggul yang terekam di PDSS.

Memiliki prestasi unggul yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah dengan ketentuan akreditasi sekolah sebagai berikut:
akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya;
akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya;
akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya;
belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya.
Pemeringkatan dilakukan oleh Panitia Pusat.

Selain itu calon pendaftar SNMPTN harus memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/SMK/MA atau sederajat tiga tahun), atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.

Lalu memenuhi persyaratan lain yang ditentukan masing-masing perguruan tinggi negeri yang dituju (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan).




Sagitarius Kusadhi

This Is The Newest Post

1 blogger-disqus so far

This comment has been removed by the author.


EmoticonEmoticon