Thursday, February 09, 2017

Perangi Berita Soal Hoax, Facebook Gandeng Media Prancis

Perangi Berita Soal Hoax
Facebook Gandeng Media Prancis Perangi Berita HOAX

Perangi Berita Soal Hoax, Facebook Gandeng Media Prancis - Menjelang pemilihan Presiden di Prancis, media sosial Facebook bekerja sama dengan media lokal untuk memberantas peredaran berita tentang hoax atau palsu yang sebagaimana dikutip Business Insider, pada Selasa (7/2/2017)

Perusahaan Facebook yang didirikan oleh Mark Zuckerberg tersebut bekerjasama dengan beberapa organisasi berita seperti Agence France Presse, BFM TV, L'Express, dan Le Monde untuk memastikan apakah berita yang dibagikan di platform miliknya benar atau berita HOAX.

Selama ini, Facebook telah menghadapi kritikan yang menuntut pencegahan berita palsu atau HOAX. Hal tersebut dilakukan juga untuk mengamankan pemilihan presiden yang akan berlangsung di Prancis yang akan bergulir pada April dan Mei 2017 mendatang. 

Bahkan, negara Jerman secara tegas akan mengeluarkan denda bagi setiap orang atau media yang memberikan berita hoax yang tersebar di media social milik Facebook. 

Memanfaatkan momentum Jerman, Indonesia juga mendorong Facebook untuk turut memfilter penyebaran berita palsu yang ditampilkan dihalaman Facebook. Hal itu dituturkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara, pada Januari lalu. 

Rencananya, Kominfo akan mengadakan pertemuan secara video call dengan pengurus Facebook Asia Pacific pada awal Februari untuk membahas berita-berita hoax yang ada di Indonesia.



Sagitarius Kusadhi


EmoticonEmoticon