Friday, January 27, 2017

Salah Sebut Nama Ikan, Anak SD Bikin Ketawa Pak Jokowi

jokowi

Pada Pembukaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran, Jakarta, sempat riuh oleh tawa karena kepolosan seorang bocah di hadapan presiden, Kamis, 26 Januari 2017. Penyebabnya sepele, sang bocah selalu salah menyebutkan kata 'ikan tongkol' di hadapan presiden. 

Sudah menjadi kebiasaan Presiden Joko Widodo untuk membagikan sepeda saat berkunjung ke sebuah tempat. Begitupun ketika membuka Rembuk Nasional yang dihadiri oleh ratusan siswa SD sampai SMA/SMK, Jokowi membawa enam buah sepeda untuk dijadikan hadiah. 

Namun, enam sepeda itu tidak diberikan secara cuma-cuma. Jokowi terlebih dahulu memilih peserta dari SD sampai SMA untuk naik ke atas panggung dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukannya. Ada enam siswa yang saat itu naik ke panggung. 

Sampai tiba saatnya ketika Jokowi mengajukan pertanyaan ke Ari, siswa SD kelas tiga. Ari ini adalah siswa ketiga yang ditanya oleh Jokowi. Dua siswa sebelumnya, Jokowi mengajukan pertanyaan hitung-hitungan. Namun ketika tiba giliran Ari, Jokowi mengubah pertanyaannya ke soal pengetahuan umum. Kepada Ari, Jokowi menyuruhnya untuk menyebutkan empat jenis ikan. 

Saat menjawab, Ari sudah mulai tampak kebingungan. Dia berusaha keras mengingat-ingat jenis ikan yang ada. "Ikan rere (ikan lele)," kata Ari. Tawa peserta kemudian membuncah mendengar pelafalan Ari yang cadel. Begitu pun dengan Jokowi. Dia kemudian menyuruh Ari untuk menyebutkan jenis ikan yang kedua. 

Ari tidak langsung menjawab. Dia tampak berpikir lagi, mencari-cari nama ikan yang diingatnya. "Ikan pa-us (ikan paus)," Ari kemudian menjawab. 

Tawa kembali terdengar dan Jokowi tampak kembingungan. "Ikan pa-us? Ikan pa-us itu apa? Oh, paus," kata Jokowi sambil tersenyum dan lengannya memegang pundak Ari, "Ya boleh ikan paus, ya sudah, ikan apalagi yang ketiga?"

Sama seperti menjawab jenis ikan yang kedua, ada jeda dalam jawaban yang ketiga. "Ikan teli (ikan teri)," kata Ari tidak lama kemudian. Tawa dari peserta kembali menyusul. 

"Ayo satu jenis ikan lagi. Nanti dapat sepeda," kata Jokowi. 

Saat Ari menyebutkan jenis ikan yang keempat inilah keriuhan semakin membahana. Ari pada dasarnya ingin menjawab ikan tongkol. Namun yang keluar dari mulutnya bukanlah kata tersebut, melainkan kata yang merujuk kepada alat kelamin laki-laki.

Aula JI-Expo saat itu riuh oleh tawa yang memuncak. Jokowi kemudian menyuruh Ari untuk mengulangi keempat ikan yang telah disebutnya. Ari pun mengikuti instruksi presiden itu. Namun ketika kembali menyebutkan ikan tongkol, lafalan Ari masih sama seperti sebelumnya. 

Antara kedua kata tersebut, memang ada 6 huruf yang mirip. Salah sedikit melafalkannya, bisa-bisa berakibat fatal karena makna yang jauh berbeda. Namun inilah yang terjadi kepada Ari. Apalagi, saat itu Ari menyebutkannya dengan diperkeras oleh pelantang suara dan di hadapan kepala negara pula. Untungnya, Ari masih bocah sehingga kepala negara pun memaklumi kepolosannya. "Sudah. Ambil sepedanya," kata Jokowi kepada Ari. 

Beberapa jam setelah peristiwa di JI-Expo yang berlangsung sekitar pukul 10.30, WIB, adegan kepolosan Ari dalam menjawab pertanyaan Jokowi telah beredar viral dalam bentuk video di youtube. Berdasarkan pengamatan sampai pukul 14.15 WIB, setidaknya telah ada 4 video yang menayangkan adegan tersebut.

Sagitarius Kusadhi


EmoticonEmoticon