Wednesday, November 19, 2014

Kebiasaan Buruk Ini Menurunkan Kecerdasan Otak

susah-tidur

Kebiasaan Buruk Ini Menurunkan Kecerdasan Otak - Kita sering kali tak menyadari kebiasaan dan gaya hidup yang biasa kita lakukan setiap hari ternyata berakibat buruk pada menurunnya kecerdasan otak. Seperti yang kita ketahui otak memiliki peranan penting untuk mengoordinasikan bebetapa sistem tubuh internal. Karenanya penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan otak.

Ada beberapa kebiasaan buruk yang ternyata dapat mengganggu kinerja otak yang juga berakibat menurunkan tingkat intelektual kita. Berikut beberapa kebiasaan yang mampu menurunkan kinerja otak kita:

- Terlalu Banyak Tidur
Penelitian medis membuktikan terlalu banyak tidur meningkatkan risiko depresi. Tidur berlebihan tidak hanya memengaruhi kesehatan mental tetapi juga bertanggung jawab untuk meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes. Kelebihan tidur dalam konteks ini mengacu pada tidur lebih banyak dari yang dibutuhkan yakni 6-9 jam tidur per hari.

- Makan Tak Sehat
Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng, junk food, dan makanan tidak sehat lainnya dapat meningkatkan risiko penyakit mental. Makanan yang tidak sehat memperlambat kekuatan pemrosesan otak Anda dari waktu ke waktu dan menyebabkan sejumlah masalah kesehatan.

- Kurang Bersosialisasi
Jika kita amati, otak kita didesain untuk bersosialisasi, langsung dari waktu kita kali pertama mulai bersekolah. Kehidupan yang tidak memiliki kegiatan sosialisasi dapat menyebabkan ketidakharmonisan dalam meskipun, memberikan kontribusi untuk kapasitas mental berkurang dalam jangka panjang.

- Tidak Mempelajari Hal Baru
Tidak belajar pada hal-hal baru dapat memengaruhi otak dan kesehatan mental secara keseluruhan. Tidak belajar sesuatu yang baru akan membuat otak tidak berkembang untuk menyerap informasi.

- Kurang Tidur
Kurang tidur dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam fungsi otak. Tak cukup tidur menjadi salah satu penyebab orang muda sulit berkonsentrasi.

Sagitarius Kusadhi


EmoticonEmoticon