Wednesday, January 13, 2016

Charles Perrault Hiasi Google Doodle, Siapakah Beliau Sebenarnya ?

Charles Perrault Hiasi Google Doodle

Google Doodle tampaknya mengganti gambar sampulnya. Sampai saat ini masih belum banyak yang tau mengenai sosok yang ada di dalam foto Google Doodle. Foto tersebut adalah Charles Perrault.

Charles Perrault dia adalah seorang pengarang yang berasal dari Perancis. Dirinya menempatkan dasar-dasar bagi jenis literatur cerita dongeng. Beberapa karyanya juga sudah sangat terkenal di seluruh penjuru dunia.

Dongeng itu antara lain Le Petit Chaperon Rouge, Little Red Riding Hood (Gadis kecil dengan kerudung merah), La Belle Au Bois Dormant, Sleeping Beauty, E Maitre Chat Ou Le Chat Botte, Puss In Boots (Kucing bersepatu boots).

Tidak hanya sebatas karyanya itu saja. Ada lagi yakni Cendrillon ou la petite pantoufle de verre, Cinderella, La Barbe bleue, Bluebeard (Janggut Biru), Le Petit Poucet, Hop o’ My Thumb, Les Fées Diamonds and Toads (Katak dan Permata), La Marquise de Salusses ou la Patience de Griselidis, Patient Griselda (Griselda yang Sabar).

Charles Perrault

Masih banyak karyanya yang lain yang belum bisa disebutkan. Cerita dongeng yang dibuat Charles Perrault ini selanjutnya dijadikan satu dan diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman. Penerjemah ini bernama Brother Grimm.

Mereka bersama-sama untuk mengoleksi cerita rakyat dari seluruh penjuru dunia. Pada tahun 1889 Andrew Lang kemudian mengumpulkan cerita dari Charles Perrault dan Grimm ke dalam beberapa buku seri dongeng yang kerap disebut Andrew Lang’s Fairy Books.

Andrew Lang’s Fairy Books atau biasa di disebut Buku Cerita Peri dari Andrew Lang. Kadang-kadang cerita dongeng yang sebenarnya dari Charles Perrault ini sedikit-sedikit terdapat perbedaan dengan versi usai diterjemahkan oleh Grimm.

Usai di terjemahkan dalam bahasa Jerman, Grimm juga menerjemahkan cerita tersebut dalam bahasa Inggris. Versi dari Grimm terkadang ceritanya lebih singkat. Ini dikarenakan penerjemah yang tidak begitu akurat.

Karena ini diterjemahkan dalam 3 bahasa yakni Perancis, Jerman dan juga Inggris. Cerita dongeng dari Charless Perrault lebih mudah di terjemahkan dari bahasa Perancis ke bahasa Inggis.

Sagitarius Kusadhi


EmoticonEmoticon