Monday, December 01, 2014

Delapan Gadget Yang Harus Dimiliki Mahasiswa Jaman Sekarang.

Saat ini banyak jenis peralatan teknologi (gadget) yang semakin canggih seperti smartphone, smartwatch, portable scanner dan lain-lain. Fiturnya semakin beragam dan yang menyenangkan adalah ukurannya menjadi semakin kecil sehingga memudahkan untuk dibawa ke mana-mana.


Ini tentunya memudahkan bagi kita yang mau belajar di luar negeri, yang harus membatasi jumlah barang yang dibawa dan disimpan di kamar kos atau asrama. Baca terus untuk tahu 8 gadget yang paling efektif (dan keren) untuk temani kamu selama studi di luar negeri.

1. Smartphone


iphone

Smartphone intinya adalah gabungan telpon genggam dan komputer. Smartphone menjawab kebutuhan kamu untuk 4 fungsi utama yaitu akses ke Internet (membuka website, mengirim email), akses ke digital media (pemutar music, pemutar video, penyimpan gambar, radio), audio visual (perekam suara, kamera) dan menggunakan platform berbasis aplikasi (yang dikenal dengan apps yaitu program untuk berbagai fungsi). Dengan beragam fungsi masa kini, mulai dari mengecek perkiraan cuaca, akses ke jejaring social dan menjelajahi Internet, ada banyak app untuk kebutuhan sehari-hari. Kamu juga bisa menghemat pengeluaran untuk beli buku, koran, dan majalah.

2. Hybrid Laptop


pro3

Bingung antara membawa tablet atau laptop? Jawabannya adalah Hybrid Laptop. Teknologi yang membuat tablet dapat berfungsi menjadi laptop ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun lalu terutama sejak dikeluarkannya Windows 8 tahun 2012, yang menekankan pada penggunaan layar sentuh yang ditawarkan oleh sebuah tablet. Kelebihan dari Hybrid Laptop terdapat pada dudukan keyboard (dock) yang memiliki fungsi keyboard, mouse, batere tambahan dan sambungan (port) tambahan. Kamu bisa membawa tablet ke kampus dan memakainya sebagai laptop saat belajar di kamar kos. Bagi pengguna iPad, kamu bisa menambahkan Macintosh keyboard dock.

3. Portable Hard Disc Drive


western-digital

Seperti namanya, alat ini berfungsi sebagai hard disc untuk menyimpan segala jenis data digital. Kelebihan portable hard disc drive adalah kapasitasnya yang besar, hingga mencapai 2 Terabyte (=2.000 Gigabyte), dalam bentuk seukuran dompet. Simpan data akademis, foto pribadi, video, software program dalam 1 alat ini. Ada pula tipe dengan multi format yang memungkinkan kamu menggunakan alat ini dengan berbagai tipe laptop yaitu desktop atau Macintosh.

4. Headphone Penahan Kebisingan


Sony mdr-PQ1

Headphone yang kini hadir dalam ukuran kecil seperti ear-phone ini menggunakan teknologi dual mics untuk mendeteksi dan menahan suara dari luar. Dual-fungsi yaitu untuk memberikan kamu kenyamanan mendengarkan musik secara maksimal tanpa terganggu suara dari luar, namun dengan fitur tambahan yang tersedia, kamu dapat memilih ‘Aware Mode’ sehingga kamu tetap dapat mendengar suara dari luar. Ini tentunya berguna saat kamu ingin mendengar suara, namun tidak ingin melewatkan pengumuman kedatangan kereta di stasiun.

5. Portable Scanner


portable scanner

Dengan memiliki portable scanner, kamu bisa meminimalkan penggunaan kertas, menerapkan gaya hidup ‘paperless’ yang ramah lingkungan tanpa mengorbankan keperluan kamu untuk mendapatkan informasi dari perpustakaan. Alat ini dapat membantu kamu memindai halaman buku, menyimpannya sebagai file gambar atau file tulisan, dengan mode berwarna atau hitam putih, dan kamu bisa memindahkan file langsung ke komputermu. Dengan ukurannya yang kecil,dan pas dalam genggaman, kamu bahkan bisa memindai halaman yang sulit terlihat jika menggunakan mesin scanner biasa.

6. Muse


muse

Produk futuristik bernama Muse ini diciptakan oleh produsen Canada-InteraXon untuk memonitor aktifitas otak dan menerapkan hasil monitor itu untuk mengontrol gadget seperti smartphone atau tablet dengan Bluetooth. Fungsi detektor otak ini dapat membantu kamu yang kerap kesulitan untuk santai atau untuk fokus. Memakai Muse ini akan membantu kamu fokus pada pernafasan (mindfulness meditation) untuk mengurangi stress atau permainan asah otak sambil kamu bisa memantau di layar tabletmu sehingga kamu bisa lebih produktif.

7. Smartwatch


apple-watch

Jam tangan model terbaru yang dikenal dengan smartwatch ini memberikan fungsi lebih dari sekedar pemberitahu waktu, namun dapat menjadi asisten pribadi digitalmu. Sementara model smartwatch terdahulu dapat melakukan fungsi dasar seperti kalkulator, penerjemah, dan main games, smartwatch masa kini menyerupai computer yang dipakai di pergelangan tangan. Salah satu tipe yang diminati adalah the Peeble Steel Smartwatch yang dapat mengakses ke Internet, GPS, menjalankan mobile apps dan dapat memainkan berbagai media (musik, video, gambar, dan radio). Beberapa model lain bahkan memiliki fungsi sebagai telpon (watchphone), memonitor aktivitas olahraga (sport watch).

8. Battery Pack Charger


powerbank

Untuk mendukung penggunaan semua gadget di atas, tentunya kamu harus memastikan gadget kamu tidak kehabisan tenaga batere. Untuk situasi di mana tidak ada colokan listrik yang tersisa untuk kamu gunakan, atau saat kamu sedang asyik belajar bersama di taman, kamu selalu dapat mengandalkan sebuah battery pack charger. Ukuran kapasitas charger yang tepat adalah menyesuaikan dengan kebutuhan dan banyaknya gadget yang kamu gunakan. Misalnya: 1 buah charger 13.000mAh dapat mengisi smartphonemu sebanyak 7 kali atau 2 kali mengisi batere tabletmu.

Source: suneducationgroup
Sagitarius Kusadhi

8 blogger-disqus

wow, ingin juga saya habis baca ini. thanks gan

mau yg mana dari nomor 1-8 :ng :ng :ng

Ane cuma punya yg nomor 2 itu gan. wkwkwk

http://kamar204.blogspot.sg/2014/12/cara-membuat-widget-random-post-blog.html

wahh mantep tuh yang nomor 7 ,
jadi kepengen beli :v
http://mdn109.blogspot.com

angkuttt gan :D beli 2 nnti saya 1 :ng

oh gitu ya mas..
thanks atas artikel nya

oke sama-sama :)
sering2 mampir ya di blog saya


EmoticonEmoticon