Saturday, November 29, 2014

Komputer Keluaran Apple Pertama Laku Terjual 10 Miliar

apple-1

Rumah lelang Bonham yang berlokasi di New York, Amerika Serikat, belum lama ini menggelar suatu pelelangan produk pertama besutan dari perussahaan ternama Apple. Adalah Apple-1, komputer desktop keluaran pertama Apple yang diciptakan pada tahun 1976 silam.

Menurut postingan laman di NBC News, Jumat (24/10/2014), Apple-1 ini laku terjual seharga US$ 905 ribu atau sekitar Rp 10,8 miliar rupiah kepada museum Henry Ford. Apple-1 akan disimpan dan dipamerkan di museum Henry Ford yang terletak di daerah Dearborn bagian Michigan, AS.

Awalnya pihak rumah lelang Bonham sempat pesimis dengan harga Apple-1 yang akan dijual. Mereka bahkan memasang target jual tertinggi senilai US$ 350 ribu hingga US$ 500 ribu. Namun hasilnya di luar dugaan Bonham. Pengurus yayasan museum Henry Ford langsung memberikan penawaran tertinggi untuk produk keluaran Apple-1 itu.

"Karena penjualan kami ini yaitu komputer kuno keluaran Apple dan membuat kami senang karena dapat memecahkan suatu rekor keluaran pertama Apple dan bahkan lebih gembira lagi komputer itu menuju rumahnya yang baru di museum Henry Ford," kata Cassandra Hatton, dia adalah salah seorang kurator di museum Henry Ford.

Kondisi komputer Apple-1 sendiri hingga saat ini masih dalam kondisi yang cukup baik dan lengkap. Apple-1 yang di lelang tersebut masih di lengkapi dengan Motherboard, Keyboard, Monitor Sanyo, pasokan tenaga yang ditempatkan didalam kotak kayu, dan dua pemutar kaset. Namun fungsinya diragukan masih mampu berjalan dengan baik atau tidak.

"Apple-1 sangat inovatif dan juga merupakan salah satu artefak kunci dalam sejarah revolusi digital," ujar Patricia Mooradian, seorang Presiden yayasan Henry Ford.

Apple-1 yang dilelang ini merupakan salah satu dari 50 unit produk keluaran yang telah dibuat oleh Wozniak pada musim panas 1976 silam. Saat itu Wozniak merakit seluruh unit Apple-1 di kamar adik perempuan mendiang Steve Jobs.

Sagitarius Kusadhi

10 blogger-disqus

wah keliatannya kuno tp mahal banget ya bro thanks for sharing bro

Yg bikin mahal itu Sejarahnya broo... :D
Oke sama2 makasih udah mampir blog saya. :)

keren juga komputernya, tidak beda jauh dengan saat ini..
terlihat disana masih ada seperti kapasitor yang tidak berlabel.. good for share..

yo i broo.. itu benda yg perlu dipelihara & benda sejarah :)
Makanya museum Henry Ford mau membelinya

wahh kebetulan ada tugas nih tentang analsisi sejarah komputer, ehh nemu kaya gini
makasih gan lumayan nih buat tugas Komlan hehe

sipp semoga bermanfaat :-bd

Komlan "Komputasi Lanjut" ya? :D

gila padahl itu komputer ga bisa ngapa-ngapain haha mending beli alien ware, 30 jutaan juga udah keren banget haha

ini Henry Ford membelinya karna sejarah dari awalmulanya Apple broo :D

busyet,hargannya bikin mata merem melek :D

kaya harga kacang rebus ya :ng


EmoticonEmoticon