Friday, September 12, 2014

Beberapa Dampak Positif dan Negatif Sosial Media.

Beberapa puluh tahun yang silam mungkin ketika orang ingin berkomunikasi dengan teman atau saudara yang berada diluar daerah atau bahkan diluar negri, maka ia harus menunggu balasan beberapa hari bahkan sampai beberapa minggu,karena menggunakan surat yang ditulis diatas kertas, hingga akhirnya beberapa tahun yang lalu ditemukanlah sebuah alat komunikasi bernama telepon seluler, dimana dengan alat ini seseorang yang akan berkirim surat sudah tidak harus menulis diatas kertas dan tidak menunggu jawaban sampai berhari hari.

sosmed


Teknologi komunikasi telepon seluler kian hari kian bertambah maju, hingga sampai saat ini terciptalah sebuah teknologi yang lebih maju dari sebuah surat yang dikirim melalui telepon selular, adalah Jejaring sosial, dimana di dalam jejaring sosial, selain kita dapat mengirim tulisan ,juga dapat mengirim gambar dan video dan dapat dijawab secara langsung sehingga terjadi komunikasi dua arah dalam waktu yang hampir bersamaan.
Jadi sudah tidak ada lagi istilah jarak jauh, karena dimanapun kita berada di belahan dunia ini, akan terasa sangat dekat. Teknologi jejaring sosial merupakan sebuah produk yang berbasis internet, yang mana internet sendiri merupakan sebuah jaringan antar negara negara di belahan dunia ini yang dapat diakses hanya dalam hitungan detik dari berbagai tempat diseluruh dunia.
Sebuah jejaring sosial yang saat ini menjadi sangat digemari oleh jutaan orang di seluruh dunia adalah facebook dan twitter, dimana dengan jejaring sosial tersebut kita dapat berkomunikasi dengan teman-teman lama kita dari berbagai tempat dimana pun berada asal ada internet. Jejaring sosial hampir dikenal oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa yang tersebar hampir disemua perkotaan bahkan sampai pedesaan.
Akan tetapi dengan berkembang pesatnya internet yang disertai berkembang pulas situs jejaring sosial tersebut tentu saja banyak memiliki dampak positif dan juga negatif.Berikut beberapa dampak negatif dan positif dari situs jejaring social yang sedang berkembang.

A .Dampak positif jejaring sosial


  1. Anak-anak dan remaja bisa memanfaatkan untuk belajar mengembangkan keterampilan teknis dan memiliki jiwa sosial yang sangat di butuhkan di zaman era digital seperti saat ini. Mereka dapat belajar bagaimana cara beradaptasi,bersosialisasi dengan masyarakat banyak dan menjalin pertemanan dengan berbagai orang dari berbagai daerah.
  2. Memperluas pertemanan seluas luasnya karena tidak dibatasi oleh luas wilayah, anak-anak dan remaja bisa menjadi lebih mudah menjalin pertemaanan dengan orang lain di seluruh dunia, meskipun sebelumnya belum pernah bertemu secara langsung.
  3. Anak-anak dan remaja akan lebih terdorong untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka kenal secara online, karena sosial media ini mereka dapat berinteraksi secara dua arah yaitu dapat menerima dan menjawab dalam waktu yang hampir bersamaan.

B. Dampak Negatif jejaring sosial

  1. Anak-anak dan remaja bisa menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata karena mereka terlalu asyik dengan komunikasi di dunia maya. Sehinga kecenderungan tingkat pemahaman bahasa pun menjadi terganggu, karena berkomunikasi di dunia maya hanya cenderung menggunakan bahasa tulis sedangkan di dunia nyata lebih menggunakan bahasa lisan.
     
  2. Bila anak-anak terlalu sering berkomunikasi di dunia maya, maka pengetahuan tentang seluk beluk berkomunikasi di kehidupan nyata, seperti bahasa tubuh dan nada suara, menjadi akan berkurang.
     
  3. Situs jejaring social dapat membuat anak-anak dan remaja lebih mementingkan diri sendiri daripada orang lain. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat menyebabkan kurang berempati di dunia nyata.
     
  4. Untuk anak-anak dan remaja, tidak ada aturan cara mengeja dan mematuhi tata bahasa seperti di dunia nyata. Hal ini dapat membuat mereka semakin sulit membedakan antara berkomunikasi di dunia maya dan dunia nyata. Hal ini dapat mempengaruhi keterampilan menulis di sekolah dalam hal ejaan maupun tata bahasa.

Dan masih banyak lagi dampak positif dan negatif dari sosial media.



EmoticonEmoticon