Tuesday, March 10, 2015

Apple Watch Dirilis, Harga Dibandrol Mulai US$349

apple-watch-2015
Apple memenuhi janjinya untuk meluncurkan smartwatch debutannya pada tahun ini. Dalam acara Spring Forward yang digelar tadi malam (9/3), Apple secara resmi merilis Apple Watch yang akan bisa dipesan mulai 10 April 2014 dengan rentang harga mulai US$349 (sekitar Rp4,6 juta) hingga US$10.000 (sekitar Rp130 juta).

Seperti telah diumumkan dalam perkenalannya bulan September 2014 lalu, Apple menawarkan Apple Watch dengan tiga varian: Apple Watch Sport, Apple Watch, dan Apple Watch Edition. Perbedaannya terletak pada material tali dan jam serta finishing-nya. Tapi, feature yang dimiliki sama saja untuk semua varian.

Apple Watch Sport adalah varian paling murah. Bodinya terbuat dari aluminium teranodisasi (anodized aluminum) dengan pilihan layar 38mm/42mm yang dilapisi kaca tahan benturan, sedangkan talinya terbuat dari gelang karet plastik. Dari segi material dan tampilan, varian ini adalah yang paling menyerupai iPhone.

Apple Watch Sport dijual dengan harga US$349 untuk model 38mm dan US$399 untuk model 42mm, dengan pilihan warna space grey dan silver.

Varian kedua yaitu Apple Watch, tanpa embel-embel apa pun. Bodinya terbungkus casing berbahan baja dengan warna shiny silver atau space black. Layarnya dilindungi lapisan sapphire crystal sehingga lebih tahan gores dibandingkan varian Sport. Tali jamnya tersedia dalam pilihan karet, kulit, atau baja.

Apple Watch dijual pada kisaran harga US$549 – 1.049 untuk model 38mm dan US$599 – 1.099 untuk model 42mm, bergantung pada pilihan tali jam.

Varian ketiga sekaligus paling eksklusif adalah Apple Watch Edition. Layarnya dilapis sapphire crystal, tapi hadir dengan material jam yang terbuat dari emas 18-karat berwarna kuning atau rose. Talinya pun dibuat dari bahan serupa, emas 18-karat dengan warna yang menyesuaikan bodi jam.

Jika ingin menebus Apple Watch Edition, siapkan dana minimal US$10.000 hingga US$17.000.

Dalam acara ini, Apple juga memamerkan sejumlah aplikasi bawaan yang disertakan di dalam Apple Watch. Contohnya berbagai pilihan antarmuka jam, dengan warna dan detail yang bisa dikustomisasi, untuk penyuka jam analog maupun digital. Ada pilihan untuk menampilkan alarm, peta, cuaca, chronograph, jadwal rapat/pertemuan terdekat, dan lain-lain.

Apple membuka kesempatan untuk pihak ketiga yang ingin mendesain aplikasi di Apple Watch. Sempat didemonstrasikan bagaimana menggunakan Apple Watch untuk memesan mobil sewaan lewat Uber, chatting lewat WeChat, dan melihat foto di Instagram.

Untuk mengendalikan Apple Watch, disediakan satu tombol besar yang dinamakan digital crown. Tapi, layar sentuh di arloji cerdas ini juga dapat mengenali sentuhan jari, misalnya untuk membuat gambar sederhana yang dibagikan kepada teman. Arloji ini bisa pula mendeteksi denyut jantung yang hasilnya dapat dikirimkan kepada orang lain.

Daya tahan baterai Apple Watch diklaim mencapai 18 jam dengan waktu charging dari 0% sampai 100% sekitar 2,5 jam. Arloji ini dilengkapi dengan fasilitas Power Reserve yang memungkinkan layar untuk tetap menunjukkan waktu sampai 72 jam setelah fungsi-fungsi lainnya mati.

Namun, secara garis besar, segala feature dan spesifikasi komponen Apple Watch yang diumumkan tadi malam tidak jauh berbeda dengan yang sudah

Sagitarius Kusadhi


EmoticonEmoticon