Sunday, December 07, 2014

Tips 5 Cara Agar WiFi Anda Semakin Cepat

tp-link


Tips 5 Cara Agar WiFi Anda Semakin Cepat - WiFi merupakan bagian yang hampir tak bisa dipisahkan dari kehidupan kita, terutama bagi mereka yang hidup di kota-kota besar, seperti Jakarta. Karena itu, Anda perlu tahu cara memperkuan sinyal WiFi. Kendala menggunakan WiFi terdapat pada kecepatan akses serta sinyal yang kadang membuat kita kesal. Perlu Anda ketahui bahwa saat ini telah banyak perangkat WiFi dan perangkat pendukungnya yang mampu menghadirkan kecepatan akses data yang sangat tinggi.

Meskipun demikian, jika Anda salah mengkonfigurasi, ataupun salah memilih router, maka kecepatan super cepat pun dapat menjadi super lambat. Lantas bagaimana jika Anda tidak mengerti cara mengonfigurasi router WiFi? Berikut adalah tipsnya:

1. Pilih Channel Yang Tepat

Taukah Anda bahwa router WiFi memiliki channel? Kadang mengganti channel dapat memperlancar akses data Anda ketika menggunakan WiFi. Hal tersebut dikarenakan perbedaan jumlah sinyal yang mengganggu sinyal WiFi Anda, misalkan saja jika Anda tinggal di apartemen yang penuh dengan router WiFi, maka Anda harus mencari channel yang cocok agar sinyal Anda tidak terganggu oleh router WIFi lainnya.

Selain itu, router WiFi biasanya hadir dengan frekuensi yang berbeda dengan rentang antara 2,4GHz hingga 5GHz. Jika Anda tinggal di sebuah rumah besar yang memiliki lebih dari satu lantai, ada baiknya Anda menggunakan router WiFi dengan frekuensi rendah karena frekuensi rendah memiliki ruang lingkup yang lebih besar dan sinyalnya lebih mampu menembus berbagai hambatan seperti tembok. Jika Anda tinggal di rumah kecil, ada baiknya Anda meggunakan router WiFi dengan frekuensi tinggi yang menawarkan kecepatan akses data yang lebih cepat namun dengan ruang lingkup yang lebih kecil.

wifi channel

2. Pindahkan Router WiFi Anda ke Tempat Yang Ideal

Tempat yang paling ideal untuk router WiFi Anda adalah tempat yang tinggi dan berada di tengah-tengah ruangan ataupun rumah. Posisikan antena router WiFi Anda menghadap ke arah tembok jika Anda ingin agar sinyal WiFi Anda melewati sebuah tembok. Jangan sekali-kali menaruh router WiFi dekat dengan tembok yang terbuat dari beton karena akan menghalangi sinyal WiFi Anda. Perlu Anda ketahui bahwa musuh utama dari sinyal WiFi adalah air dan jendela. Jadi usahakan untuk tidak menempatkan router WiFi dekat dengan pipa air, akuarium ataupun tanaman (tanaman memiliki air di dalamnya).

wifi posistion

3. Pastikan Jaringan WiFi Anda Terpasang Password

Memasang password pada WiFi Anda berarti membatasi jumlah pengguna WiFi Anda, dan hal tesebut akan sangat berpengaruh pada kecepatan akses data Anda ketika menggunakan WiFi. Memasang password juga akan melindungi Anda dari berbagai ancaman lainnya.

wifi password

4. Membeli Router Dengan Teknologi Terkini

Mungkin Anda akan merasa cukup dengan router WiFi bawaan yang diberikan oleh penyedia layanan internet Anda, namun ada baiknya jika Anda membeli router sendiri yang memiliki teknologi terkini. "Router tercanggih saat ini memiliki teknologi yang mampu mengirimkan sinyal secara langsung kepada sebuah perangkat". Selain itu router WiFi tersebut memiliki kecepatan tinggi, mampu bekerja di frekuensi yang berbeda, serta berbagai teknologi pintar lainnya yang tentunya akan membuat Anda semakin nyaman ketika menggunakan WiFi.

wifi router

5. Gunakan Network Extender

Solusi ini merupakan solusi yang lebih murah ketimbang membeli router WiFi baru. Dengan network extender, sinyal WiFi akan dapat mencapai tempat-tempat yang sulit dicapai atau diluar jangkauan sinyal WiFi Anda. Anda juga bisa menggunakan router WiFi lama Anda sebagai network extender jika Anda memilikinya. (CNN)

wifi extender

Source: teknologi.metrotvnews.com
Sagitarius Kusadhi


2 blogger-disqus

Panasnya wifi juga pengaruh ke signal kakak :o
but Nice share kakak,
silahkan BWnya y kakak http://goo.gl/ReL6jT :D

ya se-tidaknya kita pintar2 mengatur letaknya dan memilih frekuensinya saja brother :)


EmoticonEmoticon